LANGKAH KOTA BEKASI MENUJU FREE OPEN SOURCE SOFTWARE
Selasa, 24 September 2013, 20:36 WIB

 Menurut David Wheeler, secara umum program yang dinam akan free software (perangkat lunak bebas) atau open source software (perangkat lunak sumber terbuka) adalah program yang lisensinya memberi kebebasan kebebasan kepada pengguna menjalankan program untuk apa saja, mempelajari dan memodifikasi program dan mendistribusikan program asli atau yang sudah dimodifikasi tanpa harus membayar royalti atau apapun kepada pengembang sebelumnya.

Free Open Source Sofware (FOSS) atau perangkat lunak bebas dan open source (PLBOS) telah menjadi fenomena internasional. Dalam beberapa tahun terakhir ini FOSS mengalami perubahan besar dari sebauah kata yang relatif tidak dikenal menjadi sebuah kata yang mulai populer. Namun istilah FOSS tetap belum mudah dipahami mengingat FOSS merupakan konsep baru, misalnya apa saja pengertian FOSS dan apa saja cabang atau jenis-jenisnya.

Free Open Source Sofware (FOSS) pada awal mulanya hanya dipelajari di lingkungan akademisi, namun sesuai perkembangannya ketertarikan menggunakan Free Open Source Sofware (FOSS) sudah merambah ke berbagai kalangan. Sebagai contoh Pemerintah Kota Bekasi yang dinakodai oleh Bagian Telematika Kota Bekasi mempunyai cita-cita besar untuk menjadikan Aparatur Pemerintah Kota Bekasi yang kreatif, Cerdas, efektif dan efisien. Ini terbukti dengan diadakannya Pelatihan Implementasi Free Open Source bagi Aparatur di Lingkungan Pemerintah Kota Bekasi, yang bertempat di Fave Hotel tanggal 19-20 September 2013, dengan instruktur yang ahli di bidangnya dari Universitas Telkom.

Pelatihan Implementasi Free Open Source bagi Aparatur di Lingkungan Pemerintah Kota Bekasi dibuka oleh Kabag telematika Kota Bekasi Dra. SRI SUNARWATI, M.Si. Dalam sambutannya beliau menekankan pada seluruh peserta pelatihan untuk dapat memahami dan mengimplementasikan FOSS tersebut pada SKPD masing-masing, sehingga Kota Bekasi menjadi Kota yang bermartabat sehingga terbebas dari penggunaan software-software yang non original.(Koes)

 

 



Berita Lainnya

blog comments powered by Disqus
CAMAT

Dra. JUNARSIH, M.Si
INFO KELURAHAN
Kelurahan Bojong Menteng
Rabu, 05 February 2014, 10:53 WIB
Kelurahan Pengasinan
Rabu, 05 February 2014, 10:52 WIB
Kelurahan Bojong Rawalumbu
Senin, 30 September 2013, 13:53 WIB
SARAN DAN KELUHAN
SMS CENTER